Di email keterangan transaksi gagal. Tapi saldo di mutasi terpotong 860ribu di BCA. Saya melakukan transaksi virtual account dari BCA ke Shopee ==> hasil dana sudah dikembalikan otomatis kurang dari 1 jam ⏰⌚⏳ beres :)
Kalau begitu kasusnya transaksi gagal tapi saldo sudah terpotong, biasanya ada 2 kemungkinan:
-
Pending / tertahan di sistem (reversal otomatis)
-
Pada transaksi Virtual Account (VA), jika gagal tapi saldo terpotong, bank akan otomatis melakukan reversal (pengembalian dana) ke rekening Anda.
-
Proses ini biasanya makan waktu maksimal 1x24 jam kerja (sering lebih cepat, 1–3 jam).
-
-
Dana sudah diteruskan ke Shopee tapi belum terupdate
-
Kadang Shopee butuh waktu sinkronisasi untuk mencatat pembayaran.
-
Bisa dicek di aplikasi Shopee → Saya → Pesanan Saya / Tagihan Saya apakah sudah ada pembayaran masuk.
-
👉 Saran langkah:
-
Simpan bukti transaksi BCA (mutasi rekening + email kegagalan).
-
Tunggu dulu sekitar 1x24 jam, biasanya dana otomatis kembali ke rekening.
-
Jika lewat dari itu belum masuk, segera hubungi Halo BCA (1500888) dan juga Shopee CS dengan melampirkan bukti transaksi (VA, nomor referensi, mutasi).
Di BCA email gagal tapi di mutasi terpotong
Betul 👍, kasus Anda berarti:
-
Di sisi BCA: sistem sudah berhasil mendebit (makanya muncul di mutasi), tapi ketika mengirim notifikasi ke Shopee, transaksi dianggap gagal (itulah sebabnya email dari BCA muncul “gagal”).
-
Jadi, uang sudah “keluar dari rekening” tapi belum diterima Shopee → statusnya sedang menggantung di sistem.
📌 Biasanya yang terjadi setelah itu:
-
Reversal otomatis dari BCA → uang dikembalikan ke rekening Anda dalam waktu maksimal 1×24 jam kerja (kadang hanya 1–3 jam).
-
Kalau reversal tidak jalan, bisa Shopee yang mencatat manual setelah mendapat update dari BCA.
👉 Saran saya:
-
Tunggu dulu beberapa jam, sambil pantau mutasi rekening.
-
Kalau lewat 1×24 jam kerja saldo belum kembali dan Shopee juga belum update, segera hubungi Halo BCA (1500888) lalu juga Shopee CS, dengan melampirkan:
-
Nomor VA
-
Waktu transaksi
-
Nominal (Rp860.000)
-
Bukti mutasi rekening
-
Email status gagal dari BCA
-
QRIS BCA
Jika iya maka berikut dokumen yang harus dilengkapi oleh nasabah badan pelaku usaha ketika mengajukan pembukaan rekening :
Akta Pendirian, akta yang memuat anggaran dasar yang telah disesuaikan dengan Undang-Undang Perseroan Terbatas (UU PT) No. 40 Tahun 2007, akta yang memuat perubahan anggaran dasar terbaru (jika ada), akta yang memuat susunan pengurus yang masih berlaku, berikut surat pengesahan, surat persetujuan, dan/atau penerimaan pemberitahuan dari Menteri Hukum dan HAM.
NIB.
Surat izin operasional dari instansi berwenang.
Jika ingin melakukan pembukaan rekening salah satunya sebagai Asosiasi maka dapat melengkapi ketentuan yang telah diinformasikan.
Jika ingin pembukaan QRIS BCA secara perorangan maka salah satu syarat yang dapat dilengkapi formulir pengajuan Merchant BCA.
Namun untuk pembukaan rekening merupakan kebijakan masing-masing cabang juga ya.
REGISTRASI KLIKBCA INDIVIDUAL
Caranya..
🎰 Masukkan Kartu ATM di Mesin STAR (Setor Tarik)
Masukkan PIN
Pilih Menu “Penarikan Tunai / Transaksi Lainnya”
Pilih Menu “Daftar E-Banking/Autodebet”
Pilih "Internet Banking"
Tampil layar klausula Internet Banking BCA
Pilih "Ya" untuk melanjutkan transaksi
Tampil layar input PIN KlikBCA Individu
Input PIN KlikBCA Individu (6 digit angka)
Input PIN KlikBCA Individu sekali lagi untuk konfirmasi
Tampil layar konfirmasi User ID dan tercetak
Ehhh... Habis teregister, malah pas buka internet banking katanya ga nge link dengan BCA. Caranya kita harus melakukan aktivasi key 🗝️ 🔐 ( bisa dilakukan sendiri di internet banking , pilih menu untuk aktivasi KlikBCA.. saya malah sampai antri ke customer service di cabang BCA... Ternyata bisa dilakukan sendiri di 🏡 rumah. Padahal dari halo BCA infonya Harus ke cabang). Karena ini adalah pengetahuan baru, maka saya catat disini ;)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar