ðĩ KAKTUS sebagai hadiah?
Pertanyaan bagus banget ðĩðŦ — karena memang banyak orang penasaran soal arti simbolik dan kepercayaan (superstition) di balik memberi kaktus sebagai hadiah.
Jadi begini ð
ð Makna positif (bagi banyak budaya modern):
-
Perlindungan & ketahanan.
Kaktus melambangkan kekuatan, ketangguhan, dan kemampuan bertahan di situasi sulit.
→ Cocok untuk diberikan pada seseorang yang sedang menghadapi tantangan hidup, atau untuk menandai awal baru (pindah rumah, mulai usaha, dll). -
Cinta yang tahan lama.
Karena kaktus bisa hidup dengan sedikit air tapi tetap indah, banyak orang menganggapnya simbol cinta yang kuat dan tidak mudah layu. -
Energi pelindung.
Dalam feng shui, kaktus dipercaya menangkal energi negatif — terutama kalau diletakkan di luar rumah atau dekat jendela.
⚠️ Makna negatif (dalam beberapa superstition Asia):
-
Duri = konflik atau “hubungan berduri.”
Ada kepercayaan bahwa memberi kaktus bisa membawa pertengkaran atau energi tajam dalam hubungan, terutama kalau diberikan kepada pasangan atau teman dekat.
(Namun, ini tergantung niat dan konteks pemberian — kalau tujuannya tulus dan penuh makna positif, biasanya tidak dianggap buruk). -
Tidak disarankan di dalam kamar tidur.
Karena durinya dianggap bisa mengganggu energi romantis atau ketenangan tidur. Tapi kalau di ruang tamu atau kantor, justru bagus!
ð
30 Agustus 2025 Grand Kaktus Room
Makanan :: yang bisa bertahan lama. Bukan cuma trend. Es kepal Milo = trend.
Morgans : mushrooms dan oregano ==> ingredients utama mereka. .
Influencer saat opening pakai food blogger : Jogja foodie, wonderful Jogja 24 jam :: saat opening 3-5 orang. ( Makro ). Misal Ultramen gemoy 56ribu followers
Mikro : yang gratis : tukar produk . Influencer kecil bayar 200-250ribu
Sponsor event : sales nya ga akan naik drastis. Lebih ke branding.
Offline : promo berkala ( 2-3 bulan yang akan datang harus Uda siapkan. Hari Kartini, 17 Agustus dst )
PT Trinity Success Group
Promosi : poster upload Instagram dan tiktok
===> Harus meningkatkan misal reviee di google naik ratingnya. ( Promo di toko wajib ulasan bintang 5. Atau bintang 5 baru dapat hadiah )
===> Harus follow ==> follower naik.
Gofood, grab food komisi nya bisa 45 persen.
Harga online harus naik 60 %>> misal barang 10ribu. Jual di online 16rb minimal. Kalau 15rb jadi boncos
Sistem bakar duit itu penting :: ikutin semua promo yang ada. Campaign yang paling besar.
==> Dan pakai sistem ads. Kalau orang cari daging atau kebab maka munculnya Morgan. Per hari budget 25rb/ hari selama 1 Minggu . Kalau bagus baru dinaikkan 50rb / hari
Foto: pakai punya pribadi jangan comot. Jangan ada yang kosong di grabfood dst
Target Market ðŊ
Produk saya yang bisa menikmati dan bisa bayar siapa. + Cek kompetitor
Blue ocean ð= produk yang masih jarang di wilayah tersebut
Red ocean ð: sudah banyak tersedia: harga murah vs harga mahal. ==> Cek kompetitor ayam crispy
Cek nilai lebih apakah ukurannya, taste nya, premium packaging?
=========
Cek LOKASI BUKA TOKO market : misal banyak mahasiswa. Beda mahasiswa beda jajan. Di UGM rame belom tentu UI rame. Penduduk sekitar juga beda
Kalau nyasar old money / orang kaya : suka yang naik mobil jadinya di jalan tajem, jalan Kaliurang
Analisa tingkat keramean & kesepian di bulan apa. Jogja : Juni Juli Agustus sepi karena mahasiswa pulang libur panjang . September puncak mahasiswa datang ( buat opening bagus )
Biaya sewa ga boleh lebih dari 25 persen omzet .
Target harian 5 juta omzet. Untung 2,5 juta. ( 50 persen). Sewa lokasinya ga boleh lebih dari 500ribu
TC : jumlah transaksi ( total check ✅ ð ð)
Apc: average per check
Sales : mau meningkatkan jumlah tc dan apc.
Upselling :
Karywan diajarkan upselling ( Misal kak mau tambah ukuran besar gak? Kak mau tambah Boba gak? Mau extra daging gak, tambah toping mushroom ð gak?
===> Kasir Wajib tahu. SS = mau buah gak? Mau kerupuk gak?
Cross selling:
Menukarkan produk yang sekiranya HPP nya paling kecil tapi untungnya paling banyak. Misal Es teh ganti lemon tea. Atau jadi es jeruk atau es sirup.
Misal Es teh untung 1500, kalau ganti jeruk kita profit 3ribu
Selain itu butuh " beriklan " ke group , bikin story. Bangga punya produk sendiri
Cari karyawan yang ramah dan extrovert
Buat data produk yang terjual ==> nomor 1 dan nomor 2 dibikin bundling. Kebab oregano + minum ( menu paket : bagusnya dari penjualan tertinggi dibundling dengan yang terendah penjualan boleh). Intinya 2 yang terlaris.
LAPORAN KEUANGAN
Laporan harian dari cabang berapa, take away berapa, gojek berapa ==> ada lapor di group. Dikurangi pengeluaran harian berapa.
Karywan : ada reward ke Singapore Malaysia abu Dhabi
Mengeluarkan zakat ( laba setelah dikurangi pajak.. potong lagi untuk zakat ).
Habis bersih baru potong saving baru dibagikan ke owner dst
Beban operasional: gaji karywan, listrik, air ( tidak bisa nego . Tetap harus bayar = fixed cost ) ==> jumlah crew yang dipekerjakan. Jangan over budgeting. Part time : bisa jadi solusi
+ Marketing = tanpa ini penjualan kurang
SUPPLY CHAIN & PURCHASING
Pilih supplier yang konsisten ( kualitas produk dan kebersihan karena di bidang kuliner ) : termasuk jadwal pengiriman
Sayur masuk ke chiller supaya tahan lama
Quality control yang selalu cek karena jual makanan . Kalau rusak bisa retur ke supplier
Pertanyaan
Morgan ada 23 cabang :: awalnya punya 1 di seturan . Awalnya franchise malah merugikan di Morgan secara value brand : mitra tidak bisa jaga kualitas produk sesuai standard Morgan
Lalu pakai sistem investor ( milik management dan milik investor) . Bikin perjanjian maksimal 4 tahun : setiap tahun ada masa pembiayaan brand. Wajib ada perjanjian bahwa investor adalah pasif dan tidak boleh mengganggu manajemen. Hanya boleh kritik dan saran. Kalau tidak cocok ya tidak usah diterapkan. Sistem profit berikan keuntungan banyak 60 persen investor maksimal selama 3 bulan. Setelah bulan ke 4 management 60 persen atau malah management 70 persen.
Bapak ibu owner Wajib ada laporan gaji walaupun laba rugi. Di toko ini berapa. Misal 2 juta. Komisaris 1 juta. Buat jaga jaga misal toko ga profit tetep aman.. kalau toko minus, investor juga harus bayar 40 persen dari profit yang investor terima
== YANG DIKATAKAN BLUE OCEAN ITU PARAMETER NYA GIMANA? BANYAKNYA SEDIKITNYA ITU RANGE MISAL BERAPA RESTAURANT? / Berapa kompetitor dalam pengalaman Morgan
::: kebab belom ada premium jadi menurut dia blue ocean.
Kabobs : yang premium di Jogja. ( Uda sampai luar pulau ).
Kebab rata2 pakai gerobak ( Malika , baba Rafi , black kebab ) ==> bukan premium dan bukan menengah. Harga di bawah 15rb dan komposisi bahan belom premium
Morgan ::: range 17-26ribu. Isi hampir sama dengan premium taboq. Namun harganya lebih murah
Enak tapi mahal : pengen kebab kabobs mahal tapi kalau di Jogja mahal.==> Lalu bikin Morgan
==> Ada karywan keluar lalu bikin. Tapi ga sebagus Morgan.
MODAL : waktu itu di covid. Kerja di gacoan. Masuk 3 hari libur 3 hari. Uang dikit..
Modal awal 15 juta. Dia ÞrÞn gas. Karena ga punya modal . 2 temannya punya.
Bikin yang mewah tapi murah ::
1 toko omzet 200ribu per hari. Yang tertinggi 13 juga per hari
Bulan ke2 : susun proposal untuk bikin ke investor. Jangan hire teman jadi partner. Kalau mau teman jadi investor. Kecuali dari 0 pas bikin baru boleh teman jadi partner. Tapi jangan pas tengah2 hire teman.
Kalau sudah besar bank ð§ ðĶ pasti cari ==> true. I experience this
Penentuan bahan baku : pakai rataan aman. Karena misal Bombay 30rb kita hitung 60ribu GPP. Yang penting aman dan jangan sampai kurang.
Cek juga boros bahan baku dimana.
Morgan sudah jalan 5 tahun... ( 2025 )
PACKAGING
Di pasaran rata2 gepeng. Lalu mereka bikin yang kotak batang kaya balok.
Tentukan kelemahan : daging kebab lain daging tipis ==> Morgans pakai yang tebal
Sayur cuma selada. Kasta di atasnya lettuce ungu ðĨŽ
==> Kalau kompetitor pakai selada . Morgans pakai lettuce ambil di petani Tawangmangu dst
Saos ==> bikin saos yang ga ada di pasaran.
Kalau kompetitor pakai itu, jangan kita tiru. Pakai produk di atasnya. Customer ga merasa premium karena tiap hari merasakan.
Gacoan saja mie nya unik . Di pasaran tidak ada mie seperti gacoan.
Subsidi silang antar toko / cabang ga boleh. Dihitung hutang kalaupun mau dibantu . Setiap toko ada tanggungan masing-masing. Kalau toko minus lebih baik ditutup .
KOL : key opinion leader / influencer ==> sebagai brand awareness
Saving minimal 10 persen dari profit.
Kalau awal sampai minus ==> berarti salah bikin target market ðŊ
Promosi: buy 1 get 1 = rugi :: kalau bisa HPP saja. Atau bundling dengan yang HPP terendah..
Bikin produk ga boleh untung sama. Harus ada produk yang untung banyak ada Untung dikit.
==> Harus ada mahal dan murah .
Buy one get 1 bayar di harga tertinggi.
HTM kalau orang undang itu 500ribu per orang








Tidak ada komentar:
Posting Komentar