SOLD OUT satin cantik untuk kombinasi batik! :)


Satin adalah kain halus, licin, dan mengkilap. Hampir mirip dengan sutera jika dipegang.  Satin saat ini banyak dipakai untuk kombinasi pembuatan baju batik karena warna yang polos dan membuat batik lebih terkesan glamour :)

Awalnya, saya melihat satin banyak digunakan terutama untuk pembuatan dress-dress pesta, jarang sekali satin digunakan untuk pakaian sehari-hari karena bahannya yang mengkilat. Mengkilatnya bahan ini membuat mata seperti "silau" sehingga menjadi nge jreng alias menjadikan pemakainya menjadi pusat perhatian. Selain digunakan sebagai bahan pembuatan dress, kain satin juga banyak digunakan untuk bahan dasar baju tidur karena sifatnya yang seperti silk, halus.

Selama 4 tahun ini saya menjalankan usaha Palastri Shop, saya mengenal ada 3 jenis satin yang paling sering saya gunakan : satin air, satin velvet, dan satin dior.
Satin air jika dilihat dari teksturnya; lembut dan sangat mengkilap.  Contoh baju berbahan satin air yang pernah saya buat :

sarimbit kaftan rose motif sriti. bisa dipesan ukuran by request
 Tampak ya, bagian biru polosnya membuat kesan mewah. sangat cocok bila diaplikasikan untuk baju wanita. Tapi menurut saya, kurang cocok jika diaplikasikan sebagai kombinasi di pakaian pria. Karena kesannya akan terlalu nge-jreng/terlalu mecolok dan kurang manly. Alternatif untuk pakaian cowok adalah menggunakan satin velvet. Berbeda dengan satin air, satin velvet leih terkesan "doff". Bagi yang belum tahu kesan "doff", coba anda ke tempat cuci cetak foto, biasanya pelayan akan menanyakan apakah anda ingin mencetak foto dengan hasil "glossy" atau "doff". Itu perumpamaan versi saya, yaitu satin air seperti glossy dan satin velvet seperti si "doff".
Sebentar ya saya copykan contoh hasil pakaian satin velvet yang ada di toko saya :)
ini dia,,,

sarimbit gamis pias motif sriti pink. dibuat by request, size bisa ikut selera anda

Bahannya halus juga, lebih tebal sedikit dari satin air dan secara harga, satin velvet berada di peringkat kedua di atas satin air. Aka lebih mahal :) Enaknya menggunakan satin ini ibarat beli 1 dapat 2 karena cocok untuk pakaian ibu, cocok juga untuk membuat kesan manly bagi pakaian ayah. Sorry disini saya memberikan contoh untuk warna pink sehingga si bapak tidak saya berikan satin :) ini kami sedang produksi pakaian hem kombinasi satin velvet untuk koleksi selanjutnya... ditunggu ya palastri lovers :D

Nah, yang terakhir yang paling mantap dan jarang saya gunakan kecuali ada request dari customers tertentu,, adalah satin dior. Yang membuat satin ini adalah Christian Dior, ini kata kolega saya yang berjualan satin ya say :) pastinya juga kurang tahu betul  Christian Dior yang buat atau bukan :D yang pasti bahannya mewah Bedanya dengan satin velvet, bahan ini lebih "jatuh" alias gemulai jika digunakan, seperti ini detail kainnya :
satin dior
Contoh baju yang pernah saya buat :

model dibuat by request dari customer untuk lebaran July 2014 ini :) thanks to mba Yuni :)

Oia, sekedar info, untuk harga kain satin dior ini 2x lipat sd 3x lipat dari harga satin velvet ya :)
Okay,,,, sekian info mengenai kain satin,,, :) 
Jadi jika anda ingin membuat or mendesain baju customize selera anda, kami bisa mewujudkannya ya. Jika suka satin, pilih jenis kain satin yang kamu suka :)

Finally, 
Happy shopping di Palastri Shop ya :)
Kemarin kami sudah upload banyak koleksi barunya :)

Komentar

Postingan Populer