Reksadana

Dulu saya coba Reksadana saham di sekitar tahun 2013 sampai 2020. 

Itu belinya lewat bank / manager investasi.

Untuk return ya, berhasil, tapi menurut saya lambat return nya. Mungkin karena saya sudah terbiasa di dunia bisnis ya. 

Ibarat 100k saya taruh , kalau untuk bisnis , dalam waktu 7 tahun tentu bisa double double.

Tapi di Reksadana hanya balik + sedikit. Ibarat taruh 12 juta baliknya 14juta. Waktu itu saya pakai Commonwealth dan investasi di Astra , BRI, BCA, Mandiri..

Karakteristik yg saya temui :

🦧 Lebih aman karena ibarat kita investasi sedikit sedikit dan ke beberapa perusahaan sekaligus ( bagi resiko )

🦧 Biaya manager investasi itu mau rugi mau Untung dia tetep dapat presentase dari uang kota ( ya anggaplah sebagai biaya karyawan ya )

🦧 Return okay, tapi tidak sampai menggiurkan. Good not the best 


Saran : boleh dilakukan, good 👍. Secara umum positif 


Komentar

Postingan Populer